Catatan Sejarah Terbentuknya STIEM Bongaya Makassar

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya adalah salah satu sekolah tinggi di kota Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Cikal bakal dari STIEM Bongaya adalah Akademi Bank dan Keuangan (ABK) yang berdiri sejak tahun 1972 berdasarkan SK. Mendikbud No. 38/O/1972. ABK mengalami perubahan menjadi Akademi Keuangan dan Perbankan (AKP) pada
tahun 1985 berdasarkan SK. Mendikbud No. 046/O/1985.

Perubahan status AKP menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar  Bongaya pada tahun 1988 ditandai dengan terbitnya SK. Mendikbud No. 0398/O/1988, dan sejak tahun 1988, STIEM Bongaya yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Bongaya Ujung Pandang eksis sebagai wadah yang dapat mencerdaskan anak bangsa khususnya di bagian Timur Indonesia.

STIEM Bongaya dalam menyelenggarakan pendidikan berpedoman pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, serta peraturan perundangan lain yang berlaku.

STIEM Bongaya Makassar adalah salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di kawasan Timur Indonesia yang berperan serta dalam mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Kontribusi yang disumbangkan STIEM Bongaya adalah tersedianya tenaga ahli di bidang ekonomi yang memiliki nilai keunggulan dan kompetensi dalam pemahaman teoritis yang luas, kamahiran praktis dan keunggulan nilai-nilai ekonomi. Makna keberadaan STIEM Bongaya dalam fungsi strategisnya adalah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

STIEM BONGAYA Sebenarnya sudah lama memulai kiprahnya dibidang pendidikan. Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 38/DPT1972. Akademik Bank Keuangan (ABK) dengan Status Terdaftar didirikan di Makassa sejak tahun 1972. ABK lahir sebagai cikal bakal keberadaan STIEM BONGAYA saat ini.

Pada tahunn 1982, ABK memperoleh Status Diakui berdasarkan SK Mendikbud RI No. 039/0/1982. Tiga tahun kemudian ABK berubah menjadi Akademik Keuangan dan Perbankan Bhinneka Tunggal Ika dengan Status Terdaftar berdasarkan SK Mendikbud RI No.046/0/1985.

STIEM BONGAYA mulai eksis bersamaan dengan didirikannya Yayasan Pendidikan Bongaya Ujung Pandang (YPBUP) pada tanggal 16 Februari 1985 oleh Prof. Dr. H. M. Idris Arif, MS  yang menjabat ketua YPBUP hingga 2013.

Badan Pengurus Harian YPBUP saat ini adalah
Pembina
Ketua                : Prof. Dr. Hj. Rabihatun Idris, MS
Anggota           : Muh. Ma’ruf Idris, ST., MT.

Pengurus
Ketua                : Dr. Abdi Akbar Idris, ST., MM.
Sekretaris        : Drs. H. Medjang Buang
Bendahara       : Muh. Hamzah Idris, SE., MM.Ak.
Anggota           : Drs. Alimuddin Hadji, B.Sc., MM.

Pengawas       : Dr. H Muh. Akob Kadir, M.Si.

STIEM BONGAYA telah menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat selama 32 tahun terakhir ini.

Dalam menjalankan Visi dan Misinya sebagai sekolah tinggi terkemuka di Kawasan Timur Indonesia, sehari-harinya STIEM BONGAYA dipimpin oleh masing-masing :
Ketua                   : Dr. Muh. Jusuf Radja, M.Si.
Wakil Ketua I      : Dr. Badarudding Madjang, M.Si.
Wakil Ketua II     : Dr. Mappamiring P., M.Si.
Wakil Ketua III    : Dr. Eli Hasmin, MM.

Pengembangan STIEM BONGAYA

STIEM BONGAYA sejak beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Prof. Dr. H. M. Idris Arief, MS., yang dilanjutkan oleh Dr. Abdi Akbar Idris, ST., MM sebagai ketua YPBUP bersama pengurus lainnya, begitu juga Dr. Muh. Jusuf Radja, M.Si sebagai ketua STIEM BONGAYA bersama para wakil ketua, tak henti-hentinya melakukan inovasi dan kerja keras dalam meningkatkan mutu akademik sekolah tinggi ini.

STIEM BONGAYA secara resmi juga telah membuka program Magister Manajemen (MM) untuk program Pascasarjana sejak tanggal 23 November 1999. Program Magister Manajemen yang telah dibuka STIEM BONGAYA ini merupakan program pendidikan S2. Program tersebut diharapkan menjadi pilihan utama bagi kalangan eksekutif dan para profesional diberbagai bidang  baik disektor pemerintahan maupun swasta di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia.

Kampus ini juga tercatat sebagai sekolah tinggi yang mendidik mahasiswa dengan jumlah besar. Setiap tahunnya, perguruan tinggi ini dapat menampung mahasiswa baru sekitar 1.500 orang (termasuk mahasiswa alih program). Karena itu, pembangunan saran fisik ditingkatkan dengan dibangunnya kampus baru dan fasilitas penunjangnya.

Gedung kampus STIEM BONGAYA yang berdiri di atas lahan 20.000 meter persegi ini berlantai empat. Sebagian besar dari gedung tersebut digunakan untuk perkuliahan. Di area ini juga terdapat Aula, Perkantoran, Perpustakaan, Laboratoriun Komputer, Laboratorium Akutansi, Laboratorium Komputer Akutansi, Laboratorium Mini Bank, Laboratorium Bahasa dan Multi Media, Masjid, Kantin, dan Pusat Kegiatan Mahasiswa. Fasilitas penunjang lain yang tersedia dalah ruang seminar, kantor senat mahasiswa, lapangan Olahraga.