MAHASISWA KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) ANGKATAN XL STIEM BONGAYA melakukan kunjungan ke Jogja Business Lab
MAHASISWA KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) ANGKATAN XL STIEM BONGAYA melakukan kunjungan ke Jogja Business Lab
Mahasiswa kuliah kerja lapangan (KKL) program studi banding domestik Stiem Bongaya angkatan XL Tahun akademik 2019/2020-1 melaksanakan kunjungan ke jogja business lab. Kunjungan yang dikemas dalam bentuk sharing session ini, dipimpin langsung Bapak Bio Hadikesuma selaku owner Jogja Business Lab (http://biohadikesuma.com/jogjabusinesslab/).selain itu, hadir juga Ibu Ayu Dibi dan Abang Dhani (Diby Leather / bisnis tas kulit handmade / IG : @dbleather, website : https://dibyleather.com) dan Bapak Ery (owner bisnis Tamu / industri kreatif) yang merupakan binaan jogja business lab.
sharing session berlangsung akrab. peserta KKL sangat antusias karena materi dikemas sangat ringan dan sesuai dengan fakta yang melanda pebisnis saat ini. sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif dan solutif, karena berdasarkan pengalaman dari pembicara.
dalam sharing session ini, bapak Bio juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa stiem bongaya untuk magang di Jogja Business Lab tanpa dipungut biaya alias free of charge. Seperti yang sudah-sudah, mahasiswa magang akan mendapatkan output yaitu selesai skripsi (sarjana), ilmu bisnis yang up to date, serta mampu membuat dan memiliki bisnis sendiri.
setelah hampir 2 jam berdiskusi, kesimpulan yang dapat diambil adalah :
- pebisnis dan calon pebisnis harus diberikan “cambuk halilintar”, artinya harus berpikir ke depan bagaimana seandainya orang tua / (owner
orang tempat bergantung sudah meninggal. otomatis harus berpikir untuk bertahan hidup
- pebisnis harus “gila”, artinya mampu terjun total berbisnis, jangan takut gagal
- bagi yang masih menerima uang dari orang tua, simpan dan abaikan uang tersebut, sehingga mau tidak mau harus berusaha untuk mempertahankan hidup
- gunakan otak yang diberikan Tuhan untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga bisnis yang dihasilkan mempunyai nilai (value) pembeda dengan yang lain.
- pahami produk A-Z, jangan setengah setengah karena customer saat ini sangat kritis
- perkuat marketing, manfaatkan teknologi. Banyak tools internet marketing yang bisa dimanfaatkan
- ubah mindset dan tujuan hidup sehingga mampu menjadi hot bottom dan cambuk halilintar dalam berbisnis.
- mampu mencari dan melihat peluang, artinya masalah orang lain merupakan solusi untuk mendapatkan uang
- create bisnis serta bangun jejaring dengan semua pihak yang terlibat dengan bisnis.
- take action, jangan ditunda.
kunjungan diakhiri dengan kunjungan langsung ke workshop Diby Leather, yang mana memberdayakan orang-orang disekitar lokasi workshop untuk menjadi karyawan. setelah itu dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Pihak Jogja Business Lab kepada Stiem Bongaya Makassar (begitupun sebaliknya), foto bersama dan pemberian video testimoni dari rombongan KKL.